Orasi Ilmiah Guru Besar ITB 06 Agustus 2022

Pada hari Sabtu tanggal 6 Agustus 2022 telah diadakan Orasi Ilmiah Guru Besar ITB yang menampilkan paparan ilmiah dari Profesor Rubiyanto Kapid dari Prodi Teknik Geologi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB).

Prof. Ruby memaparkan berbagai hal menarik tentang foraminifera, nanofosil, polen, serta bagaimana cara seorang geologiwan mempelajari fisik fosil mikro untuk mengetahui kondisi lingkungan masa lalu di suatu daerah.

Tidak hanya itu, Pak Ruby juga menayangkan inovasi DESCOM yang dibuat oleh Dr. Andri Slamet Subandrio dari Prodi Teknik Geologi yang mendukung visualisasi fosil-fosik renik dalam proses pendidikan. Dengan DESCOM observasi jasad mikro dapat dilakukan dengan layar lebar.

Tautan untuk mengunduh pdf paparan https://speakerdeck.com/dasaptaerwin/menelusuri-jejak-kehidupan-fosil-mikro-nannoplankton.

Pada acara yang sama, juga ada Prof Profesor Harun Al Rasyid Lubis dari Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) yang menjelaskan kemacetan dan solusinya, serta Profesor Djoko Santoso Abi Suroso dari Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) yang menjelaskan tata ruang di wilayah pesisir dan laut.

Tautan untuk mengunduh pdf paparan https://speakerdeck.com/dasaptaerwin/apakah-kemacetan-kota-bisa-diatasi-transfer-pengetahuan-dan-kegagalan-kebijakan.

Salindia Prof. Djoko Santoso Abi Suroso (https://speakerdeck.com/dasaptaerwin/peranan-tata-ruang-dalam-adaptasi-perubahan-iklim-di-wilayah-pesisir-dan-laut)

Tautan untuk mengunduh pdf paparan https://speakerdeck.com/dasaptaerwin/peranan-tata-ruang-dalam-adaptasi-perubahan-iklim-di-wilayah-pesisir-dan-laut

Berita Terkait

EnglishIndonesia