Single Blog Title

This is a single blog caption
19 Sep 2024

Pengabdian Masyarakat dan Inovasi (P2MI) Geologi ITB – Menggali Potensi Geowisata Kepulauan Bangka Belitung

/
Posted By
/
Categories

Pada tanggal 5-8 September 2024, sebanyak 23 Dosen dari berbagai macam keahlian Prodi Teknik Geologi ITB melaksanakan Pengabdian Masyarakat dan Inovasi (P2MI) berkolaborasi dengan PT. Timah Tbk Bangka Belitung, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Bangka Belitung.

Menggelar Fokus Group Discussion (FGD) dengan tema:
“Menggali Potensi Geowisata Kepulauan Bangka Belitung”.

FGD ini dihadiri oleh Direktur Operasi dan Produksi PT Timah, Nur Adi Kuncoro, Kaprodi Program Master dan Doktor Teknik Geologi ITB, Dr. Eng Mirzam Abdurrachman, S.T., M.T, dan para dosen dari berbagai keahlian, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung Ervawi, penggiat wisata, Perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Bangka Belitung, Yuliarsyah, Pengda IAGI Babel, penggiat wisata dan pelaku usaha.

Adapun agenda kegiatan yang dilakukan antara lain yaitu kegiatan FGD bersama PT.Timah dan Dinas Pariwisata Bangka Belitung. Melaksanakan audiensi bersama Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dalam rangka memberikan informasi serta meningkatkan pemahaman tentang regulasi legal dalam pengelolaan pengembangan geowisata, melaksanakan FGD dengan penggiat wisata, Universitas Bangka Belitung dan SMA Negeri 1 Pangkalpinang.

Pulau Bangka memiliki potensi besar dalam geowisata karena memiliki batuan-batuan yang dipadukan dengan keunikan ataupun keindahan pantai.

Harapan untuk Geowisata Pulau Bangka dari hasil penelitian ini adalah semoga dapat dimanfaatkan oleh penggiat wisata, masyarakat, pemerintah daerah untuk mengoptimalkan potensi geowisata (potensi wisata geologi) di Pulau Bangka. Dan diharapkan dapat meningkatkan perekonomi masyarakat.

EnglishIndonesia