Single Blog Title

This is a single blog caption
12 Feb 2024

EKSKURSI PERINGATAN 50 TAHUN ALUMNI GEOLOGI TAHUN 1973

/
Posted By
/
Categories

Setelah hampir 50 tahun, kekompakan serta solidaritas akan selalu terlihat dari setiap angkatan khususnya pada Teknik Geologi ITB, pada saat ini dapat dilihat dari kegiatan Alumni Teknik Geologi Angkatan ‘73 yang mengadakan perjalanan serta mengikuti kembali kuliah lapangan di Yayasan Pendidikan Geologi Karangsambung.. Seperti mengulang waktu mengingat saat masa-masa mengikuti perkuliahan di Karangsambung.

Kegiatan pertama adalah kunjungan ke Museum Soesilo Soedarman yang terletak di Desa Gentasari, Cilacap. Dilakukan juga ramah tamah dengan sambutan dari Direktur Utama (Ibu Apoli Purini), dan keliling melihat koleksi yang ada pada museum tersebut.

Kegiatan selanjutnya adalah mengunjungi Yayasan Pendidikan Geologi Karangsambung. Beberapa kegiatan yaitu meliputi Kuliah Malam tentang Sejarah Plate Tectonic Wilayah Karangsambung, materi disampaikan langsung oleh Dr. Eng. Mirzam Abdurrachman.. Kuliah malam berjalan sangat menarik dan penuh dengan antusias.

Pada kesempatan ini dan bukti dari dukungan Alumni Teknik Geologi Angkatan ‘73 yang diwakilkan oleh Ketua Paguyuban Alumni Geologi ITB, Profesor Indroyono Soesilo menyerahkan 200-an judul Buku untuk melengkapi Perpustakaan Kampus Lapangan Geologi Karang Sambung.

Kegiatan selanjutnya adalah mengikuti Kegiatan Ekskursi di Kampus Lapangan Geologi Karangsambung, mengamati kembali batuan dan fenomena alam yang terjadi di Karangsambung. Mengunjungi Kawasan Geodiversitas yang dikelola oleh BRIN.

Terakhir adalah mengunjungi Kilang Pertamina yang ada di Cilacap, dilakukan juga beberapa diskusi dengan para anggota.

Semoga kegiatan dan keakraban ini dapat menjadi contoh yang sangat baik dan dapat bermanfaat bagi kemajuan Pendidikan Geologi.

EnglishIndonesia