Sesi tanya jawab Seminaring Hidrogeologi di Sekitar Kita

Acara ini diinisiasi oleh Dongeng Geologi dengan nara sumber Dasapta Erwin Irawan. Acara diselenggarakan pada hari Sabtu 6 Februari 2021 pukul 10.00-12.30 secara daring.

Penjelasan saya di sini

Tautan jamboard di sini https://jamboard.google.com/d/1_OC8F7C8azZDHYo2JxiE8Ppwjx26VtJqa3BJgZWe4vk/edit?usp=sharing.

Rekaman seminaring

Penjelasan saya mulai menit ke-30 (kurang lebih). Tautan: https://youtu.be/LhD2MuKnIMU.

Via percakapan di ruang Zoom

11:23:39 From Pasca Etty Yusrika Fitri to Everyone : Etty_SMAN1Riau Silip_Maaf sedikit menyimpang, saya pernah mendengar ttg air heksagonal. Begaimana keterkaitan geologi (batuan/mineral) dengan air heksagonal ?

maaf saya tidak paham tentang ini. mestinya ini berkaitan dengan ilmu fisika dan kimia.

11:25:47 From Shinta Nirwana to Everyone : Tanya_shinta_SMAN 3 BATU_ Pak Erwin bagaimana penjelasan terkait kedalaman air yang berbeda di setiap wilayah ? Apakah hanya pengaruh dari kapasitas air hujan saat musim kemarau dan musim penghujan, atau ada pengaruh dari tingkat topografi setiap wilayah? Dan mengapa di kawasan karst untuk mencari air tanah itu sangat sulit ?

terima kasih. ini tidak lain dikendalikan oleh kondisi geologi, yaitu posisi lapisan akuifer. ini bisa menyebabkan sumur tetangga yang bersebelahan berbeda kedalamannya. kapan-kapan akan saya jelaskan dalam bentuk gambar ya.

11:27:33 From Mochamad Dendy A_UNS to Everyone : Mochamad Dendy Arianto_UNS_Selain memanfaatkan mataair unuk mencukupi kebutuhan air bersih dan pengairan di daerah Donorojo Pacitan, masyarakat setempat juga melakukan pengeboran airtanah hingga kedalaman 70-80 m. Mengingat daerah tersebut merupakan kawasan karst Gunungsewu, apakah pengeboran airtanah tersebut dapat mengganggu kelangsungan sistem hidrologi bawah tanah dan apakah dapat meningkatkan risiko bencana runtuhan/collapse jika terjadi gempa?

terima kasih. ya air tanah memang selalu menjadi tumpuan harapan. dari sisi keseimbangan air, selama jumlah air yang dipompa lebih kecil dari air yang meresap, maka aman saja. tapi bisa saja dari sisi lain bisa menimpulkan dampak tak terduga. masalah runtuhan dan kolaps ketika gempa bisa saja karena sebab lain. perlu ada penelitian. atau anda bisa coba google. saat ini banyak repositosi kampus sudah mengunggah tugas akhir secara lengkap. siapa tahu salah satunya bisa menjawab ya. untuk pertanyaan terkait karst bisa menonton video dari kawan saya dari Karst Research Group UGM ini https://www.youtube.com/watch?v=RBHyeran7Uk&t=28s.

11:27:52 From nuning suratminingsih to Everyone : tanya_nuning_SMA N 2 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta …untuk menyelamatkan air tanah di kompleks perumahan sebaiknya bagaimana? karena yang saya amati di perumahan, air yang jatuh dari genting masuknya ke saluran air dan lanjut ke sungai, sangat sedikit yang meresap ke tanah …

terima kasih. bisa dengan beberapa cara 1) menangkap air hujan yang jatuh di atap dan menyimpannya dalam tandon air. tandon bisa di atas tanah atau di bawah tanah, 2) dengan cara membuat sumur resapan tapi ingat catatan jawaban saya di dalam video. bahwa sumur resapan bisa tidak efektif kerjanya bila dibuat di daerah dengan tanah lempung, 3) biopori bisa dibuat tapi jangan ditargetkan untuk mengurangi banjir karena kapasitasnya sangat kecil untuk meresapkan air. tidak sebanding dengan curah hujan yang sangat tinggi dan turun dengan durasi pendek.

11:30:31 From Ahmad Danil Effendi to Everyone : Danil_P3ESUMA_pada bencana longsor sering disebutkan tanah jenuh dengan air, sementara apabila ada lapisan di bawah tanah jenuh air itu yg permeabel tdk meresap air misal batu andesit akhirnya memicu longsor, pohon juga bisa menjadi beban jika akar kurang kuat mencengkram dan tidak cepat penguapan makin memicu longsor. pertanyaannya, bagaimana upaya agar longsor tsb dapat dihindari pada wilayah seperti itu? harus dialirkan kemana air tanah tadi yg memicu tanah yg jenuh air tsb? terutama kalau di daerah gunung yg tidak ada yg mengkonsumsi air tanah tsb. Terima kasih.

terima kasih. longsor bisa disebabkan berbagai hal. silahkan menyimak video penjelasan atau tulisan tentang longsor oleh Pak Imam Sadisun, Indra Andra Dinata dan Rendy Kartiko. simak juga penjelasan dari pakar lainnya ya. bisa dicari secara daring. https://zenodo.org/record/4116479

11:31:28 From Afief Noor Fauzia, DIY to Everyone : Ijin bertanya kepda bapak Dasapta Erwin Irawan… Ada wilayah Jering, Godean DIY dan sekitarnya terdapat perbukitan batuan intrusi sisa gunung api purba dengan satuan perbukitan denudasional dan fluvial (lemah) tersusun atas litologi dari tua-muda: tuf silika, andesit porfiri, dasit terbubah illite-smektite, dan basalt, dan terdapat bukit Pandawa sbeagai wisata edukasi kebumian (dioerkirakan berumur 40 juta tahun mirip Bayat dengan struktur lebih baik dan lebih tu dari gunung api Purba ngelanggeran dan tentunya Merapi gunungapi masa kini). Keberadaan warisan geologi tersebut dibarengi dengan Pengembangan Perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah dan kegiatan penambangan untuk genteng Godean. Kalau dilihat beberapa orang gali sumur atas tanah lempung, kapur agak kemerahan, kapur putih agak lunak, kapur keras terpadatkan, lalu tanah mblotong hitam berpasir kira2 kedalaman 8 m sumber air bagus. beberapa tempat ada jebakan air agak asin, sebelah timur sampai godean pasir tebal erupsi Merapi 1006, dan baratnya formsi Sentolo. yang ingin saya tanyaan…bgmn pengaruh pembangunan perumahan dan penambangan bagi lingkungan, terutama kaitan dengn hidrogeologi (ketersediaan air tanah) dan limpasan? nama: Afief Noor Fauzia, SMAN 1 GODEAN, Sleman, DIY

tks bu afif. betul settiap formasi akan punya sifat hidrogeologi sendiri. dan itu harus diteliti. kebetulan saya belum punya pengalaman di daerah tersebut. ibu bisa googling karena sekarang jurnal-jurnal akademik indonesia sudah open access semua. salah satunya mestinya bisa menjawab pertanyaan ibu.

11:34:10 From putriyekti to Everyone : Tanya-putriyekti-SMA 3 Pekalongan, – Pak Erwin mohon penjelasannya mengenai keberadaan air zamzam dari sudut pandang hidrogeologi, dimana air tsb diambil terus menerus namun tetap keberadaanya. Maturnuwun

terima kasih. sebelumnya mohon maklum kalau ilmu saya terbatas tentang ini. yang jelas air tanah bisa memberikan suplai terus-menerus secara stabil, adalah karena ada input air yang stabil pula. namun demikian sudah saya jelaskan dalam video rekaman, bahwa air yang diambil saat ini bisa saja berasal dari proses infiltrasi yang terjadi jauh sebelumnya. jadi di daerah yang kering tidak ada hujan, bisa saja ada sumber air yang besar dan kontinyu debitnya. sumbernya bisa berasal dari lokasi yang jauh dari lokasi itu. tapi seperti halnya telah dijelaskan di dalam Al-Quran bahwa ada yang disebut mukzizat. pasti ada penjelasannya, masalahnya ilmu kita belum sampai ke sana.

11:38:16 From Sugeng Subagyo to Everyone : Tanya, sugeng Subagyo sman 1 Sambit. Tidak semua bencana banjir memiliki penyebab yang sama. Apa saja penyebabnya. Makasih

terima kasih. ilmu saya tentunya terbatas karena banjir adalah bencana yang perlu interaksi berbagai ilmu. yang sudah pasti adalah: curah hujan, tata guna lahan, dan kondisi geologi. tapi tentu saja peranan ketiga komponen itu di setiap kasus akan berbeda. juga pastinya ada komponen lainnya.

11:38:36 From HASBULLAH YUSUF to Everyone : Hasbullah_ZABRA_Apakah gaya gravitasi bumi mempengaruhi dengan aliran air bawah tanah tersebut? Hilir nya air bawah tanah dimana? untuk menentukan arah aliran bawah tanah bagaimana cara nya.Terima kasih

terima kasih. tentu saja. karena itu air tanah akan mengalir dari lokasi yang tinggi ke yang lebih rendah. tapi ada pula komponen lain, yaitu tekanan. jadi air tanah bisa mengalir dari posisi lebih rendah ke yang lebih tinggi kalau ada tekanan. ini penjelasan simak penjelasan saya tentang sumur artesis dalam video.

11:43:28 From Nofirly Hamli to Everyone : Assalamu’alaikum wr. wb. perkenalkan nama saya Nofirly Hamli dr Malang. Di Malang khususnya ada TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) metodenya masih ditimbun atau konvensional, posisinya berada lebih tinggi dari kawasan permukiman yang ingin saya tanyakan apakah ada pengaruh secara kualitas air di daerah bawahnya TPA ini pak, khususnya waktu hujan ?

terima kasih. ya betul. kondisi itu bisa menyebabkan pencemaran air tanah di daerah yang lebih rendah. apalagi kalau sistem penimbunan TPA nya adalah penimbunan terbuka (open dumping).

11:46:23 From HASBULLAH YUSUF to Everyone : Hasbullah_ZABRA_ijin bertanya lagi, apakah proyek sipil dari pekerjaan pasak bumi (contohnya proyek jalan tol, apartemen dsb) bisa mempengaruhi kualitas air tanah lingkungan sekitar nya khusunya untuk air tanah buat konsumsi pemukiman. Adakah metode untuk mengukur dampak dari pekerjaan sipil tersebut. Terima kasih

terima kasih. iya mestinya ada. kan agar bisa bekerja, muka air tanah harus diturunkan dulu. namanya proses dewatering. karena itu sebelum konstruksi dilakukan perlu ada pemetaan. biasanya ini ada di tahap pengusulan amdal. caranya dengan memompa air tanah. di DKI Jakarta sudah ada peraturan tentang ini. tapi mohon maaf saya lupa nomor dan tahunnya.

11:59:27 From NURUL KAMARIYAH to Everyone : BAGAIMANA CARA MENGETAHUI KEDALAMAN AIR JIKA INGIN DI BOR

terima kasih. harus dilakukan pemetaan dulu. yang sederhana bisa survey berapa posisi muka air tanah di sumur-sumur sekitarnya. kapan-kapan saya bikin video tentang ini ya.

12:03:57 From ASRIN A1P119023 to Everyone : apakah ada jarak yang di tentukan untuk membuat sebuah sumur bor dan berapa jarak atar sumur yang aman untuk membuat sumur bor?

jarak antara sumur bor 1 dan 2 atau jarak antara sumur bor dengan mata air, bisa bervariasi. ditentukan oleh kondisi tanah atau batuan yang menjadi akuifernya. kerucut penurunan air tanahnya bisa jauh radiusnya, juga bisa dekat. untuk itu perlu ada pemetaan.

12:10:30 From NUR SRI HARIJANTI to Everyone : Nur Sri dari MAN 3 Magetan Darimanakah asalnya air yang digunakan apartemen atau gedung gedung yang bertingkat 30 atau lebih misalnya? Mohon dijelaskan dengan gambar. trims

terima kasih. mestinya mereka juga mengambil air tanah untuk memenuhi kebutuhan airnya, karena PDAM sangat jarang bisa memenuhi kebutuhan itu. caranya bagaimana? dengan membuat sumur dan kemudian memompanya ke atas. sepertinya kapan-kapan saya bikin gambarnya ya :).

Sesi tanya jawab Via surel

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Perkenalkan nama saya Faried. Saya merupakan salah satu peserta webinar siang tadi tentang Hidrogeologi di sekitar tadi. Ada beberapa hal yang mau saya tanyakan pak, yaitu:

  1. Untuk pemetaan hidrogeologi yang tujuannya untuk mendapatkan zona konservasi air tanah, apakah cukup dengan melakukan metode geologi saja (pemetaan batuan) tanpa melakukan metode geofisika (geolistrik)?
  2. Untuk membuat peta permukaan air tanah berdasarkan sumur gali masyarakat atau sumur bor di suatu lokasi, kapan sebaiknya data MAT tersebut diambil? apakah sebelum dipakai sumurnya atau sesudahnya? atau sebelum dan sesudah?

Atas perhatian dan jawabannya, saya ucapkan terima kasih

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

terima kasih. (1) ya itu dua metode yang paling penting. tapi bisa ditambah dengan uji pemompaan dan analisis kualitas air agar lebih lengkap. bukan hanya kuantitas tapi juga kualitas. (2) mestinya kita bisa mengukur muka air tanah ketika sumurnya sudah jadi. jadi kita bisa mengukur muka air tanah dari sumur lain yang ada di sekitar calon lokasi sumur. pengukurannya kalau bisa di musim hujan dan kemarau.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat siang Pak, mohon maaf Pak mengganggu waktunya

Sebelumnya, izin memperkenalkan diri Pak. Nama saya Dewi Ratna Fahmi Arifin, mahasiswi dari Universitas Lampung program studi Pendidikan Geografi. Saya merupakan salah satu peserta Webinar Pendidikan Bencana Geologi #6. Seperti yang tadi bapak jelaskan, bahwasanya tumbuhan tidak menyerap/meminum air yang sama seperti yang kita konsumsi, yang ingin saya tanyakan yaitu, lalu bagaimana dengan kita yang selalu menyiram tanaman? Apakah hal tersebut sia-sia pak? Bukankah air yang kita gunakan untuk menyiram tersebut merupakan air yang sama dengan yang kita konsumsi? Mohon penjelasannya Pak, saya masih belum paham. Terimakasih Pak
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

terima kasih. saya bukan ahli biologi. maaf kalau saya salah menjelaskan. yang saya maksud berbeda adalah cara “minum” tumbuhan melalui akarnya. yang jelas cara minumnya berbeda dengan cara kita minum. saat akar menyerap air (minum) beda dengan cara kita minum. kalau ada tumbuhan ditaruh di di dalam gelas berair, airnya habis dalam waktu satu hari bukan karena habis diminum tumbuhan itu, tapi karena menguap. tumbuhan akan “minum” air secara mikroskopis. lengkapnya di sini. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjfrI7lq9buAhWr6XMBHSmkCGsQFjAAegQIAhAC&url=https%3A%2F%2Fosf.io%2F4nbgv%2Fdownload&usg=AOvVaw3okxAPrgva-15fzvwUCkfi

salam pak erwin, saya jazmi dari halmahera utara. di tempat kami beberapa waktu lalu telah terjadi bencana banjir pada salah satu sungai (DAS Tiabo). hal ini diperkirakan karena dampak dari perubahan iklim dan telah terjadi perubahan atau alih fungsi lahan pada daerah tangkapan air DAS Tiabo. sebagai mitigasi perubahan iklim dan mitigasi bencana dirasa perlu dilakukannya pemetaan air tanah sebagai salah satu parameter untuk mitigasi tersebut. disini mau saya tanyakan bagaimanakah caranya kita dapat melakukan teknis pemetaan air tanah/pemtaan geohidrologi
Terima Kasih

terima kasih. lingkup pemetaannya bisa dibatasi garis batas DAS. komponen pemetaan hidrogeologi adalah pemetaan geologi plus beberapa pengukuran sederhana seperti pengukuran nilai porositas dan permeabilitas. kalau masih ada dana bisa ditambah pemetaan geofisika dan pemboran. lengkapnya di sini https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjfrI7lq9buAhWr6XMBHSmkCGsQFjAAegQIAhAC&url=https%3A%2F%2Fosf.io%2F4nbgv%2Fdownload&usg=AOvVaw3okxAPrgva-15fzvwUCkfi. semoga membantu.

Sesi tanya jawab via Youtube

Dunia Zafir​tanya_dian_sman2padalarang_ biasanya penggali smr bor bs tentukan daerah yg byk air tnhnya (urat cai) shgga dpt menemukan air tnh yg biasany ngalir dlm umur yg pjg. apakah ada hitungan ilmiah nya?

tks. betul. kalau penggali sumurnya sdh berpengalaman bekerja di daerah itu. dia jg pasti pernah gagal tapi tdk pernah diceritakan biasanya. jadi penjelasan ilmiahnya adalah karena dia sdh punya pengalaman berhasil dan gagal di daerah itu, maka mestinya dia bisa menyarankan bapak perlu membuat sumur di mana dan pada kedalaman berapa.

TANYA: /MUHAMMAD AL ANSORI / MAN 2 AGAM / bagaimana model atau metode konservasi daerah equifer untuk daerah karst….

tks. prinsipnya pemompaan harus lebih kecil dari peresapan air. untuk itu perlu dihitung potensi air untuk air hujan, air sungai dan air tanah. prinsipnya sederhanya tapi pelaksanaannya susah karena perlu kerjasama multipihak.

Tanya_Agus Pratomo_SMAN 1 Gondang Tulungagung_Struktur Geologi dan Jenis Batuan apa yang paling berpotensi menimbulkan banjir?

tks. biasanya di daerah yg tersusun oleh tanah atau batuan yang kecil porositasnya, maka akan rentan terjadi banjir kalau tidak dikelola dengan baik. daerah dengan batuan atau tanah yg porositasnya tinggi juga bisa rentan banjir kalau sebagian besar daerahnya sudah tertutup bangunan dan aspal jalanan.

Pak saya Hiden dari Universitas Mataram, setelah gempabumi 2018 sy dapat banyak keluhan air sumur/airtanah jadi kurang/susah, mohon penjelasannya mengapa demikian?

tks sdh bertanya. saya blm pernah meneliti secara langsung, tapi bisa saja gempa bumi mengubah kondisi akuifer dan itu bisa mengubah arah aliran air tanah. ini baru kemungkinan.

TANYA… Ratnawati MA-DDI Tani Aman Samarinda Kalimantan Timur
Diberbagai Provinsi yg dominan bependuduk besar Seperti wilayah provinsi Kalimantan Timur yaitu Air Sungai Mahakam yg dijadikan Sumber Air Bersih Namun banyak tercemar apa solusi untuk masa mendatang agar bisa ternikmati secara bersih terkait dgn materi webinar hidrologi geologi Terimakasih.

terima kasih. betul mayoritas sungai telah tercemar limbah domestik dan industri. 1) hentikan pencemaran, 2) olah air agar bisa dipakai (ini memang bisa jadi mahal), 3) tampung air hujan, setidaknya punya sumber air tak tercemar selama musim hujan dan tabungan air saat kemarau).

i​Retno W_MAN 2 Yk_ to Pak Erwin_Daerah mana yang tepat untuk konservasi aquifer? atau kriteria daerah sprti apa yg bs dijdkn tmpt untuk konservasi akuifer?

tks. lokasi konservasi bisa di mana saja, baik di zona resapan, zona aliran atau zona keluaran. konservasi di masing2 zona tersebut bisa memiliki tujuan yg berbeda.

Nurhayati UPT SMAN 5 Wajo. apakah ada tanda yang dapat membantu untuk mengetahui tempat dipermukaan dimana terdapat sumber ait tanah. misal kita akan menggali sumur atau akan melakukan pengeboran

tks. tdk ada tanda di permukaan. harus diperiksa kondisi geologinya. bisa menggunakan metode geofisika. atau bisa tanya tukang bor yang berpengalaman melakukan pemboran di area tersebut.

TANYA/Wahyudi/VDNI/Efek over pumping dari air tanah yang significan apa pak? Cara menegetahui debit pemompaan yang diijinkan bagaimana?

tks. yg sudah pasti adalah muka air tanah turun drastis dari posisi semula. untuk mengetahui debit yg aman perlu dilakukan uji pompa atau pumping test.

Tanya, dari Nuryani, Guru Mapel Geo,SMA N 14 Semarangm mengapa sumurj sumur yang ada di daerah pegunungan bisa sampai kedalaman 20 sampai 25 m, .Sementara sumber air adalah daerah pegunungan

tks bu. memang mestinya di daerah tinggi (yg sering disebut juga sebagai daerah resapan air), posisi muka air tanah akan dalam. karena ini tempat air masuk. posisi air tanah akan ditentukan oleh posisi lapisan kedap airnya. kalau lapisan kedap airnya dalam, maka muka air tanahnya juga akan dalam.

TANYA, Utoyo, SPd, SMAN1 Tempel Sleman : .Apakah air tanah tidak bercampur sehingga umurnya berbeda-beda-beda?

tks. persis. air tanah di bawah permukaan bisa berlapis2 mengikuti lapisan akuifer. karena itu ada kemungkinan air tanah bercampur.

Lis Indarti Ayu​mengapa Di Wilayah desa Jauh Dari Pantai kok airnya asin

tks. bisa. karena ada air asin yg bukan berasal dari air laut. namanya air formasi. air juga bisa jadi asin karena mengalami pencemaran dari sumber lainnya.

TANYA… Ratnawati MA-DDI Tani Aman Samarinda Kalimantan Timur
Bagaimana cara untuk mengetahui jika lokasi tersebut ada sumber mata air terimakasih

terima kasih. perlu disurvey bu terdiri dari survey geologi dan geofisika (geolistrik).

TANYA . TIRTA . RA MUSLIMAT DEWI MASITHOH 02 KALLIPARE MALANG. Berapa jarak ideal antara sumur dg sumber air tanahh dg sumur bor agar permukaan air tanah itu sendiri tetap stabil??

jarak antara sumur bor 1 dan 2 atau jarak antara sumur bor dengan mata air, bisa bervariasi. ditentukan oleh kondisi tanah atau batuan yang menjadi akuifernya. kerucut penurunan air tanahnya bisa jauh radiusnya, juga bisa dekat. untuk itu perlu ada pemetaan.

TANYA/ Yunita Ayu Kumala/ SMAN 1 Tanjungbumi/ Mengapa air tanah bisa terasa payau, padahal lokasinya jauh dr pantai?sedangkan yg dekat pantai malah tawar?

tks sdh saya jawab di bawah ya. air bisa asin atau payau, karena ada tambahan garam. garam bisa saja datang dari air laut atau bukan air laut, bahkan bisa diakibatkan oleh proses pencemaran oleh manusia.

Jazmi Assagaf​bagaimana kita dapat melakukan pemetaan air tanah?

tks. dengan mengidentifikasi jenis batuan dan tanah yang ada di suatu daerah, mengukur porositas dan permeabilitasnya, serta mengukur posisi muka air tanah di sumur dan mata air. bila ada dana tambahan bisa ditambah dengan pengukuran geofisika (metode geolistrik) atau dengan membor.

herdi diy​Tanya : bagaimana menentukan kecocokan jenis geolog/tanah yangi sebagai recharge air hujan ? bagaiman kesimbangan infiltrasi dan pengatusan/mata air sehingga tdk timbul bencana

tks. salah satunya yg sederhana dengan mengukur porositasi dan permeabilitas tanah. bisa googling tentang ini.

Dewi Ratna Fahmi​Dewi Ratna/Universitas Lampung. Izin bertanya pak, terkait air yang diserap/diminum oleh tanaman/tumbuhan, seperti yang tadi sudah bapak jelaskan bahwasannya tanaman tidak menyerap air yang kita konsumsi sehari-hari. Lalu bagaimana dengan kita yang menyiram tanaman pak? apakah hal tersebut sia-sia? sebelumnya terimakasih pak.

tks. saya bukan ahli biologi bu. tapi yg jelas, cara tumbuhan tidak minum air seperti kita minum air.

aris efendi​Aris Efendi,S.Pd / SMAS Khoiruddin Gondanglegi. bagaimana rekayasa atau cara apa yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir penurunan air tanah yg terus terjadi, di daerah padat penduduk.? trmkasih

tks. bisa dengan 1) menampung air hujan khususnya saat musim hujan. ini bisa mengurangi pemompaan air tanah dari sumur, 2) membuat satu sumur utk beberapa rumah dan dikelola bersama, bukan satu rumah satu sumur, 3) membatasi kegiatan komersial di rumah, misal mengubah tempat tinggal menjadi bisnis katering, bisnis laundry kiloan, cuci mobil. krn kalau sdh ada kegiatan komersial, pengambilan air tanah harus dengan izin.

herdi diy​Tanya : bagaimana menentukan kecocokan jenis geolog/tanah yangi sebagai recharge air hujan ? bagaiman kesimbangan infiltrasi dan pengatusan/mata air sehingga tdk timbul bencana

tks. dengan mengukur nilai porositas dan permeabilitasnya. mengatur keseimbangan antara infiltrasi dan pengambilan air perlu pengukuran yg terus menerus. salah satunya dengan membuat banyak sumur pantau untuk mengukur posisi muka air tanah. ini tanggungjawab pemda.

Sri​Tanya/Sri/Dinas ESDM Provinsi Maluku Utara/Bagaimana pengelolaan akuifer air tanah yang telah mengalami intrusi air laut

tks. kita identifikasi dulu apa penyebab air menjadi asin, apakah krn intrusi air laut atau krn pencemaran. kalau memang disebabkan intrusi air laut, maka perlu ada pengurangan debit pengambilan sumur di daerah pantai.

Desy ,​Tanya: ciri ciri di permukaan yang bisa dilihat adalah area likuifaksi?agar masyarakat awan tidak membangun di area tersebut,terima kasih

tks. utk persisnya haris ada pemetaan geologi dan geofisika. tapi secara umum daerah yang banyak mengandung batuan lempung memiliki peluang untuk mengalami likuifaksi.

Jazmi Assagaf​hutan memang tdk menjamin tdk akan terjadi banjir, tapi pasti mampu meminimalisir nya melalui infiltrasi dan perkolasi air di dalam tanah

tks. oh iya pastinya. tapi tdk cukup signifikan sampai dapat menghindari banjir bandar atau longsor. mohon diperhatikan pernyataan saya jangan diartikan sebagai himbauan untuk menggunduli hutan ya :).

Shofa Rifqi​TANYA / Shofa Rifqi / SMPM 31 Jakarta /jenis tanah apa yang cocok digunakan untuk membuat sumur air tanah? apakah jenis tanah akan mempengaruhi keluar banyaknya air tsb?

tks. jenis tanah dengan porositas dan permeabilitas besar. jenis tanah yang mengandung pasir yang bagus.

Berita Terkait

EnglishIndonesia