Single Blog Title

This is a single blog caption
14 Aug 2023

Penelitian Masyarakat di Banyuwangi berbasi Geowisata, Ijen Geopark.

/
Posted By
/
Categories

Geosite merupakan tempat yang memiliki jejak rekaman penting tentang sejarah bumi, biasanya berupa batu cadas dan pasir yang bisa menjelaskan perkembangan kebumian (geologi), alam, makhluk hidup, serta budaya dari zaman purba hingga sekarang.

Geopark Ijen memiliki keunikan lantaran ada gunung api yang menjadi fosil berdampingan dengan gunung yang masih aktif. Selain itu juga ada api biru (blue fire) satu satunya di dunia.

Kali ini, Dalam rangka mendukung Geopark Ijen berkembang Tim dari Prodi Teknik Geologi – ITB melakukan Pengabdian Masyarakat di Banyuwangi Berbasis Penelitian Geowisata (Ijen Geopark)

Pendampingan ini fungsinya juga untuk memahamkan warga di kawasan Geopark Ijen tentang kekayaan geologi yang miliki dan bagaimana pengelolaan yang baik. Termasuk juga mengedukasi tentang berbagai potensi kebencanaan, seperti tsunami, gempa bumi dan erupsi gunung berapi.

Hasil dari pendampingan dan penelitian yang dilakukan tersebut, tidak hanya bersifat populer. Melainkan nanti terdapat hasil ilmiah dan semi populer yang berupa buku yang mudah dipahami oleh masyarakat tentang geopark Ijen. Kedepannya akan ada museum mini yang didirikan untuk penelitian geologi Geopark Ijen dan publikasi ilmiah.

EnglishIndonesia